Oleh: yudopotter | Februari 12, 2009

Badai Siklon Tropis (Hurricane)


Hurricane merupakan badai siklon tropis yang umumnya terjadi di samudera Atlantik dan samudera Pasifik dengan kecepatan angin > 75 mph. Siklon ini adalah pusat tekanan rendah dan membawa cuaca berbadai dan curah hujan lebat. Dimana angin bertiup dengan kencang ke arah pusat dengan arah melingkar.

Siklon terbentuk dan menjadi besar diatas lautan yang kemudian bergerak ke darat. Umumnya suhu tinggi yang berkembang di atas samudera Pasifik yang hangat, mulai bulan Mei dan seterusnya. Karena suhu terus naik maka suatu daerah bertekanan rendah terbentuk diatas samudera sebelah timur Filipina. Bersamaan dengan itu, udara hangat dari selatan bertemu dengan udara dingin dari utara. Angin mulai berhembus ke pusat tekanan rendah. Dimana angin mulai bergerak membentuk spiral dengan arah melawan jarum jam. Sekali terbentuk, taufan itu bergerak ke barat menuju Filipina. Dengan angin yang bergerak secepat 120-200 km per jam, taufan ini menyebabkan kerusakan besar pada harta benda manusia. Badai ini dapat berbentuk angin tornado yang memiliki kecepatan sangat tinggi. Untuk dapat terbentuk badai siklon tropis ini, diperlukan beberapa syarat-syarat yang harus terpenuhi sebagai berikut:

  1. Temperatur kehangatan lautan (>800F) dengan kedalaman minimal 60 m.
  2. Sangat kecil atau tidak ada angin melintang.
  3. Tekanan udara yang sangat kecil terutama pada 50Lintang Utara dan Selatan.
  4. Adanya rotasi yang disebabkan oleh angin.

Umumnya angin ribut mempunyai pusat tekanan rendah dimana angin bertiup sangat kencang ke pusat dengan arah melawan arah jarum jam. Kecepatannya ada yang mencapai 50 m/detik. Pada waktu angin bertiup ke atas dan keluar dari daerah pusat, terbentuklah awan hujan raksasa. Awan kumulonimbus yang menjulang sangat tinggi dimana akan menimbulkan hujan yang sangat lebat. Di pusat angin ribut ada daerah angin lemah dan awan pecah-pecah. Dimana udara mengalir turun dan sisi depan hurricane tertutup awan tebal dan sisi belakangnya awan lebih terpecah-pecah. Jika hurricane ini telah selesai maka cuaca akan kembali menjadi cerah.

Tetap untuk beberapa hari angin tetap akan bertiup kencang. Yang paling membahayakan pada saat terjadi hurricane adalah terjadinya pada saat waktu pasang gelombang air laut naik. Maka akan berpotensi menimbulkan banjir besar yang masuk menuju daratan. Kombinasi bencana ini akan sangat berbahaya bagi kehidupan manusia.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: