Oleh: yudopotter | November 27, 2009

Worm Berbahaya Mulai Serang iPhone


Jangan pernah mencoba melakukan jailbreak pada iPhone Anda. Mungkin itu pesan yang ingin disampaikan Apple pada para pengguna smartphone layar sentuh hasil besutan mereka tersebut. Baru-baru ini, F-Secure (perusahaan keamanan jaringan) menemukan adanya worm baru yang semuanya ditemukan pada iPhone hasil jailbreak. Jailbreak dapat mengijinkan pengguna iPhone dan iPod Touch untuk menjalankan sebuah kode unofficial untuk melakukan bypass pada mekanisme resmi Apple, yaitu melalui App Store. Saat berhasil melakukan jailbreak, para pengguna iPhone atau iPod Touch mampu me-download banyak aplikasi yang tidak tersedia di App Store.

Worm ini secara spesifik menyerang warga Belanda yang menggunakan iPhone yang telah di-jailbreak untuk melakukan Internet banking dengan bank ING. Para korban tersebut akan “dilempar” ke sebuah website palsu yang tampilannya mirip dengan tampilan online banking milik ING, lengkap dengan kotak log-in. Mirip dengan teknik Phising yang sedang marak-maraknya terjadi belakangan ini.

Selain memanfaatkan jailbreak, para penjahat cyber tersebut juga harus memanfaatkan program SSH yang diinstal oleh para pengguna iPhone tersebut. Secure Shell (SSH) adalah sebuah network protokol yang mengijinkan transfer data pada dua buah peralatan yang terhubung. SSH akan terinstall dengan password default, yaitu “alpine”. Nah, bagi para user yang tidak mengganti password tersebutlah yang benar-benar dalam bahaya. Jadi, bagi Anda yang belum mengganti password SSH, ubah saat ini juga.

Worm yang menimpa iPhone ini adalah masalah keamanan kedua yang dihadapi oleh Apple. Apabila pada serangan pertama hanya bersifat “iseng” dari si pembuatnya, worm kedua ini bersifat lebih berbahaya karena berusaha mengambil data penggunanya.

Dikutip dari website resmi majalah CHIP
[Thanks Gizmodo dan Engadget]
http://chip.co.id/articles/news/2009/11/24/worm-berbahaya-mulai-serang-iphone/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: