Oleh: yudopotter | Mei 13, 2011

Kejenuhan Menulisku Muncul Kembali Nih….T_T


Terkadang muncul kejenuhan didalam menulis. Apalagi saat ini, saya merasa ketidakfokusan didalam berkarya. Awalnya ingin menulis yang “serius” didalam konteks ilmu pengetahuan. Namun yang terjadi adalah kebuntuan didalam mencari inspirasi menulis. Apakah ini disebabkan tidak adanya variasi didalam menulis.

Sempat terpikir untuk menulis sesuatu yang out of box, terlepas dari lingkup kehidupan sehari-hari. Mulai menulis untuk sesuatu hal yang terlihat simpel dan mudah dipahami oleh orang lain. Atau malah terkadang, saya harus membebaskan diri dalam menulis apapun tanpa perlu mengkhawatirkan apakah tulisan saya dapat dipahami oleh orang lain?. Karena selama ini saya selalu terbebani oleh susunan kalimat, kata, EYD dan lain sebagainya yang membuat saya menjadi jengah didalam menulis. Personifikasi, sarkasme atau bahkan hiperbola menjadi sesuatu hal yang tabu didalam kebiasaan menulis saya. Saya terlalu tunduk dan patuh terhadap petuah-petuah guru-guru, reviewer serta senior dalam memenuhi ambisi menulis ilmiah yang indah dan baku. Akibatnya malah saya terpasung untuk menulis segala sesuatu didalam konsep yang beralur dan bersifat empiris.
Padahal saya merindukan masa-masa SD, SMP dan SMA dimana saya bebas menuangkan segala kreatifitas menulis. Terlepas dari aturan baku penulisan dan EYD yang mengekang tulisan saya. Untuk memahami segala sesuatu didunia ini. terkadang saya menjadi beku pada tempat yang baik, bukan kepada isi yang menyenangkan. Mungkin inilah saatnya saya harus memuaskan hasrat sendiri untuk menulis. Dan ini saatnya saya mencoba menjadi sosok egois dan arogan dalam tulisan saya. Ada saatnya juga saya untuk menulis bagi kepuasan diri sendiri karena terkadang orang lain pun tidak dapat memahami kepuasan batin saya didalam menulis. Membebaskan diri dalam berekspresi serta melepaskan diri dari tekanan adalah kunci keberhasilanku dalam melepaskan kejenuhan ini.
Mulai saat ini saya akan menulis hal-hal yang bagi orang lain tidak jelas, tidak bermanfaat atau bahkan hal yang memuakkan. Selamat datang dunia khayalanku^^


Responses

  1. pertanyaannya adalah, kapan? hihihi

    • Itulah susahnya kang kalo kejenuhan muncul terlalu lama…ujung-ujungnya jadi malas. Baiklah saya mulai dari tulisan yang sederhana dulu spt tulisan di blognya kang firman yg sangat inspiratif.

  2. semangat untuk berkarya kembali….tulisan anda sangat saya harapkan karna berguna bukan hanya untuk saya tapi untuk semua orang

    • Terima kasih Pak atas dukungan dan motivasinya. Sptnya memang saya harus terus bergerak dan memaksakan diri untuk tetap terus menulis.


Tinggalkan Balasan

Kategori

